2020 January

Bring to the table win-win survival strategies to ensure proactive domination. At the end of the day, going forward, a new normal that has evolved from generation.
AdministratorAdministrator25 January, 2020
WhatsApp-Image-2020-01-25-at-22.20.05.jpeg

1min770

Oleh: Satria Tauhid Arsiza (HMI Cabang Malang, Badko HMI Jawa Timur)

LAPMI HMI | Opini – Cina Merupakan salah satu negara di Asia Timur yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Progresitas bangkitnya perekonomian Cina tersebut tidak lepas dari aspek sosio-historis dan tingkat peradaba negara ini memang telah maju sebelum periode masehi. Pasca sejarah perekonomian, pada tahun 1978 kondisi perekonomian Cina mengalami perubahan secara fundamental akibat program reformasi yang dijalankan oleh figur pembaharu Cina, Deng Xiaoping. Bukan hanya itu salah satu batu loncatan perekonomian Cina yaitu terjadi pada masa revolusi Mao Zedong, yang sebelumnya tatanan masyarakat Cina yang cenderung kaku dan kental akan doktrinisasi yang berefek dari feodalisme pada akhirnya menganut paham Marxisme ala Maoisme.


AdministratorAdministrator25 January, 2020
WhatsApp-Image-2020-01-25-at-22.15.53.jpeg

1min220

LAPMI HMI | Opini – Saat ini, ada kesulitan tersendiri bagi kita selaku generasi milenial untuk memilah informasi. Agak sukar untuk memilah informasi, baik yang akurat dan valid ataupun yang sekedar hoax dan numpang lewat. Begitu banyak berita yang terpapar hoax berseliweran dalam group pesan instan di platform smartphone.


AdministratorAdministrator25 January, 2020
ndp.jpg

19min240

Oleh: M. Pandu Irawan (HMI Cabang Surakarta, Badko HMI Jawa Tengah-DI Yogyakarta)

Pendahuluan

Marx lahir di German Bourgeois 5 Mei 1818, menikah dengan Jenny Von Westphalen dan mempunyai 7 seorang anak. Dia mempunyai teman bernama fredrich Engels yang tentunya bukan hanya teman biasa tetapi marx banyak di bantu oleh anggels soal pendanaan. Karl marx sangat sering ke perpustakaan hingga kebutuhan pokok keluarga yang membiayai oleh temannya Anggels. Karl marx meninggal 17 maret 1883 di London Inggris.

Marx awal melihat eropa abad pertengahan 19 isinya cheaos dan mengiringi runtuhnya feodalisme (runtuhnya kelompok elit yang dipimpin oleh bangsawan) setelah muncul generasi baru yaitu Borjuis yang mempunyai alat produksi akhirnya menjelma kapitalis-kapitalis seiring jalan dengan revolusi Industri.

Pandangan  marx awal di awali yaitu kebebasan berfikir, kesetaraan dan kritik Kapitalisme. Relasi ekonomi menuurut marx menentukan kesadaran kelas dan menentukan relasi sosial sebab jaringan relasi sosial tersebut pasti berpengaruh terhadap kondisi ekonominya, dari sini akan lahir dari kelas sosial, relasi antar kelas ini nanti akan membentuk sebuah intitusi negara.  Kondisi ekonomi ini akan membentuk sebuah perilaku sosial dan perilaku sosial akan mencetak seperti apa jati diri manusia itu. jika ekonomi menjadi dasar kehidupann manusia maka bentuk materi yang menjadi semangat bergerak dari manusia itu atau pembentukan ide yang di sebut dialektika materialisme historis.

Pembahasan pemikiran marx

Marx dalam pemikirannya mencoba melihat pola hubungan relasi sosialnya ini dengan menggunakan Dialektika materialisme Historis yang mejelaskan tentang adanya tesis antitesis dan melahirkan sintesis. Pola masyarakat yang baru yang di jelaskan setiap peran atau relasi yang di mulai dari kepemilikan dimana yang memiliki kepemilikan barang banyak di sebut tuan dan mempunyai budak untuk membatu tuan, hingga pada akhirnya relasi tuan dan budak ini akan berkembang menjadi generasi baru generasi kelompok elite yang akan melahirkan sistem feodal. Dari sini orang-orang tersebut akan merasa kecewa dengan model feodal, tetapi sistem kepemilikan tidak akan bisa hancur. Hal tersebut memunculkan kelompok borjuasi baru dengan melakukan revolusi dan menata borjuasi baru untuk menguasai alat-alat produksi, materi-materi yang di butuhkan yaitu kelompok kapitalis dan seterusnya hingga muncul pandangan tentang sama rasa dan sama rata.

Mengenai dialektika terdapat perbedaan antara Hegel dan Marx. Dialektika adalahbaik menurut Hegel dan Marx proses antagonisme tesis versus antithesis yang kemudian melahirkan sintesis. Proses dialektika Hegel terjadi dalam dunia gagasan atau ide, sementara Marx memandang proses dialektika itu terjadi dalam dunia material. Selain perbedaan objek pembicaraan filosofis juga terdapat perbedaan fungsi objek tersebut. Bagi Hegel fungsi objek filosofis selalu datang terlambat dan hanya untuk memahami dunia bukan untuk mengubah dunia. Sementara Marx memandang bahwa objek pembicaraan filosofis adalah untuk mengubah dunia.  Bagi Marx filosofis kelas adalah inti dari sejarah dan ia percaya bahwa filsafat sosial secara harfiah akan berhenti dan akan menjadi ilmu sosial yang deskriptif.[1]

Beberapa yang menjadi materialis terkemuka dengan mengkritk Hegel yang idealis adalah Marx, Engels dan Ludwig Feuerbach. Feuerbach adalah Hegelian muda yang menyatakan bahwa Hegel tidak mengakhiri apa pun dari karyanya namun disarankan untuk memulainnya kembali. Ia menyatakan Hegel adalah orang yang sombong karena ia menolak filsafat dan aliran ketuhanan yang tradisional. Kritik Feuerbach ini bermanfaat bagi Marx dan Engels, namun Marx balik mengkritik Feuerbach karena kurang mengerti dialektika itu sendiri. Pemikiran idealisme Hegel menyatakan bahwa gagasan adalah aktivitas pikiran yang bergantung pada keberadaan kesadaran. Singkatnya ia menyatakan bahwa kesadaran menentukan hidup, bukan hidup yang menentukan kesadaran. Sementara ini berbeda dengan pemikiran Marx, yaitu hidup untuk berpikir atau hidup yang menentukan kesadaran. Marx berpikiran bila menggunakan mitologi belaka sebagai subjek, hal tersebut dapat mengaburkan dalam spekulasi akademik. Berdasarkan uraian ini, mengutip dari Sanderson, dialektika Marx adalah pertentangan langsung dari dialektika Hegel.[2]

Teori Surplus Value

Sebagai alat untuk analisis ekonomi, teori ini tidak pernah sangat baik. Bahkan dengan asumsi persaingan sempurna, ia hanya akan bekerja di mana tenaga kerja adalah satu-satunya faktor penting dalam produksi. Waktu yang dihabiskan dalam pelatihan dan tentu saja dapat dibuat untuk menjelaskan perbedaan antara pekerja terampil dan tidak terampil dan bahkan mesin pengganti tenaga kerja dapat dipandang sebagai perwujudan tenaga kerja, tetapi penyesuaian ini tidak menemukan kesulitan dasar. Marx, kemudian, mulai dengan doktrin ekonomi yang benar-benar ortodoks dan agak tidak memadai yang dengan cepat menjadi tidak relevan dengan kondisi nyata persaingan tidak sempurna. Kebetulan Marx ingin menunjukkan kepada kapitalis menggunakan teori mereka sendiri untuk membangun model yang tidak bisa mereka abaikan karena didasarkan pada asumsi mereka sendiri. Mungkin juga berpegang teguh pada teori nilai kerja karena merupakan landasan yang diperlukan untuk teori nilai lebih yang benar-benar inventif.[3]

Tenaga kerja adalah komoditas seperti komoditas lainnya; oleh karena itu, mengikuti teori nilai kerja, itu harus dinilai oleh jam kerja yang dikhususkan untuk produksinya – yaitu, untuk memberi makan, pakaian, dan melindungi pekerja untuk mempertahankan kehidupan. Bisa dikatakan tenaga kerja dibeli dan dihargai dengan cara yang sama. Karena itu, Marx memaknainya sebagai lebih dari sekedar metafora, ketika ia berbicara tentang “perbudakan upah”. Tetapi, tidak seperti komoditas lainnya, tenaga kerja tidak dikonsumsi dalam periode waktu yang dapat ditentukan dengan jelas. Seorang pekerja “dibeli” – atau lebih tepatnya “tenaga kerjanya” atau “potensi tenaga kerja” dibeli. Tetapi dia dapat menghasilkan harga ekonomi yang setara dengan ini dalam enam atau delapan jam kerja, sedangkan pabrik-pabrik di zaman Marx membuat orang terus berjalan selama sepuluh, dua belas, atau empat belas jam sehari. Perbedaan antara apa yang dilakukan pekerja (ditetapkan oleh standar arbiter pada hari kerja) dan apa yang dibayarnya (ditetapkan oleh kompetisi) adalah nilai lebih, sumber dari semua keuntungan kapitalis. Tenaga kerja yang dikonsumsi telah menghasilkan nilai lebih dari nilai penggantiannya sendiri.[4]

Nilai lebih tidak hanya masalah “kecurangan”. Tujuan Marx adalah untuk menghindari tuduhan moralistik seperti itu. Dengan persaingan sempurna, kapitalis dapat membayar pekerja dengan nilai yang benar dari potensi tenaga kerja mereka, membebani pelanggan dengan harga yang tepat untuk memproduksi komoditas, dan masih memiliki margin yang tersisa. Marx secara inferensial mengungkapkan ketidakadilan yang menumpuk pada para pekerja tetapi dia telah menunjukkan bahwa itu merupakan hasil dari sistem tertentu. Reformasi dalam sistem, oleh karena itu, betapapun beritikad baik, akan menemui kegagalan. Negara, yang menjadi “komite eksekutif kelas penguasa” tidak berdaya. Hanya penggulingan revolusioner dari keseluruhan sistem yang dapat berhasil. Hanya sintesis baru yang dapat mengatasi kontradiksi antara tesis dan antitesis.[5]

Apa itu kapitalisme terjadi ketika alat-alat produksi yang khususnya berhubungan dengan kepentingan orang banyak bisa di miliki oleh kepentingan pribadi atas dasar kompetisi dan orientasinya profit dan prosesnya di lindungi oleh pemerintah.

Menurut Marx Eksistensi manusia itu diukur dari kerja, dalam kapitalisme itu manusia tidak bekerja sendiri tetapi bekerja untuk orang lain. dari situ adanya eksploitasi dari pekerja terhadap pemodal kelompok borjuasi, kelompok borjuasi ini di bantuk oleh militer di dalam negara untuk melancarkan ekploitasi tersebut. di tambah agama yang dianggap sebagai candu tersebut juga berpengaruh untuk mempengaruhi orang-orang tersebut untuk menerima dari kondisi kelas sosialnya yang dapat melanggengkan dari eksploitasi dari kelompok borjuasi tersebut. campur tangan dari negara dan institusi agama tersebut akan melahirkan kesadaran palsu.

Dengan pandangan marx kapitalisme akan hancur karena

  1. Jika kapitalisme itu sebagai keuntungan bersama maka uang semakin banyak dan melakukan ekspansi usaha dengan membeli alat-alat baru maka akan terjadi Phk jika semakin banyak pengangguran orang maka akan menjadi sumber konflik sosial.
  2. Kelompok proletar untuk menhancurkan kapitalisme dengan cara revolusi yang di mulai dari kesadaran kelompok proletar. Maka dari itu namanya disebut revolusi proletariat
  3. Dari revolusi proletariat akan lahir diktator proletariat dari situ akan muncul masyarakat sosialis dari masyarakat sosialis muncul komunis. Revolusi proletariat yang memberontak pada kapitalisme dan dampak akhirnya pasti menang. (negara tugasnya mendistribusikan aset-aset negara yang adil)
  4. Tuhan di ciptakan oleh citra manusia bukan manusia yang di ciptakan tuhan, agama formal dianggap sebagai pemberi harapan bagi masyrakat yang tertindas dan sebagai pengontrol sosial bagi manusia.
  5. Marx basisnya massa metodenya alamiah, tapi di lennin adalah partai dan langsung membuat revolusi

Yang membedakan negara sosialis dan komunis, sosialis setiap orang sesuai dengan kemampuannya dan setiap orang sesuai dengan pekerjaannya semua diatur oleh negara, jika komunis manusia bisa apa dan bekerja apa kebutuhannya akan di dapatkan di komunis masyarakat sudah sadar manusia akan berbagi bersama kebutuhannya.

Filsafat adalah kehidupan sehari-hari para filosof  dan mampu untuk merubah dunia, para pegawai para buruh bersatulah bikin revolusi dan jangan takut dan tidak akan kehilangan apa- hubungan antara individu dengan masyarakat dimana kemerdekaan dan pembatas kemerdekaan saling bergantungan, dan dimana perbaikan kondisi masyarakat tergantung pada perencanaan manusia dan usaha-usaha bersamanya. Jika kemerdekaan dicirikan dalam bentuk yang tidak bersyarat (kemerdekaan tak terbatas) maka sudah terang bahwa setiap orang diperbolehkan mengejar dengan bebas segala keinginan pribadinya.

Kritik marx

Negara adalah bentuk masyarakat yang terpenting, dan pemerintah adalah susunan masyarakat yang terkuat dan berpengaruh. Oleh sebab itu pemerintah yang pertama berkewajiban menegakkan kadilan. Maksud semula dan fundamental daripada didirikannya negara dan pemerintah ialah guna melindungi manusia yang menjadi warga negara daripada kemungkinan perusakkan terhadap kemerdekaan dan harga diri sebagai manusia sebaliknya setiap orang mengambil bagian pertanggungjawaban dalam masalah-masalah atas dasar persamaan yang diperoleh melalui demokrasi.

Pada dasarnya masyarakat dengan masing-masing pribadi yang ada didalamnya haruslah memerintah dan memimpin diri sendiri. Oleh karena itu pemerintah haruslah merupakan kekuatan pimpinan yang lahir dari masyarakat sendiri. Pemerintah haruslah demokratis, berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, menjalankan kebijaksanaan atas persetujuan rakyat berdasarkan musyawarah dan dimana keadilan dan martabat kemanusiaan tidak terganggu. Kekuatan yang sebenarnya didalam negara ada ditangan rakyat dan pemerintah harus bertanggung jawab pada rakyat.

Menegakkan keadilan mencakup penguasaan atas keinginan-keinginan dan kepentingan-kepentingan pribadi yang tak mengenal batas (hawa nafsu). Adalah kewajiban dari negara sendiri dan kekuatan-kekuatan sosial untuk menjunjung tinggi prinsip kegotongroyongan dan kecintaan sesama manusia. Menegakkan keadilan adalah amanat rakyat kepada pemerintah yang musti dilaksanakan. Ketaatan rakyat kepada pemerintah yang adil merupakan ketaatan kepada diri sendiri yang wajib dilaksanakan. Didasari oleh sikap hidup yang benar, ketaatan kapada pemerintah termasuk dalam lingkungan ketaatan kepada Tuhan (Kebenaran Mutlak) dan Rasulnya (pengajar tentang Kebenaran). Pemerintah yang benar dan harus ditaati ialah mengabdi kepada kemanusiaan, kebenaran dan akhirnya kepada Tuhan YME.

Perwujudan menegakkan keadilan yang terpenting dan berpengaruh ialah menegakkan keadilan di bidang ekonomi atau pembagian kekeyaan diantara anggota masyarakat. Keadilan menuntut agar setiap orang dapat bagian yang wajar dari kekayaan atau rejeki. Dalam masyarakat yang tidak mengenal batas-batas individual, sejarah merupakan perjuangan dialektis yang berjalan tanpa kendali dari pertentangan-pertentangan golongan yang didorong oleh ketidakserasian antara pertumbuhan kekuatan produksi disatu pihak dan pengumpulan kekayaan oleh golongan-golongan kecil dengan hak-hak istimewa dilain pihak. Karena kemerdekaan tak terbatas mendorong timbulnya jurang-jurang pemisah antara kekayaan dan kemiskinan yang semakin dalam. Proses selanjutnya yaitu bila sudah mencapai batas maksimal  pertentangan golongan itu akan menghancurkan sendi-sendi tatanan sosial dan membinasakan kemanusiaan dan peradabannya.

Dalam masyarakat yang tidak adil, kekeyaan dan kemiskinan akan terjadi dalam kualitas dan proporsi yang tidak wajar sekalipun realitas selalu menunjukkan perbedaan-perbedaan antara manusia dalam kemampuan fisik maupun mental namun dalam kemiskinan dalam masyarakat dengan pemerintah yang tidak menegakkan keadilan adalah keadilan yang merupakan perwujudan dari kezaliman. Orang-orang kaya menjadi pelaku daripada kezaliman sedangkan orang-orang miskin dijadikan sasaran atau korbannya. Oleh karena itu sebagai yang menjadi sasaran kezaliman, orang-orang miskin berada dipihak yang benar. Pertentangan antara kaum miskin menjadi pertentangan antara kaum yang menjalankan kezaliman dan yang dizalimi. Dikarenakan kebenaran pasti menang terhadap kebhatilan, maka pertentangan itu disudahi dengan kemenangan tak terhindar bagi kaum miskin, kemudian mereka memegang tampuk pimpinan dalam masyarakat.

Kejahatan di bidang ekonomi yang menyeluruh adalah penindasan oleh kapitalisme. Dengan kapitalisme dengan mudah seseorang dapat memeras orang-orang yang berjuang mempertahankan hidupnya karena kemiskinan, kemudian merampas hak-haknya secara tidak sah, berkat kemampuannya untuk memaksakan persyaratan kerjanya dan hidup kepada mereka. Oleh karena itu menegakkan keadilan mencakup pemberantasan kapitalisme dan segenap usaha akumulasi kekayaan pada sekelompok kecil masyarakat. Sesudah syirik, kejahatan terbesar kepada kemanusiaan adalah penumpukan harta kekayaan beserta penggunaanya yang tidak benar, menyimpang dari kepentingan umum, tidak mengikuti jalan Tuhan. Maka menegakkan keadilan inilah membimbing manusia ke arah pelaksanaan tata masyarakat yang akan memberikan kepada setiap orang kesempatan yang sama untuk mengatur hidupnya secara bebas dan terhormat dan pertentangan terus menerus terhadap segala bentuk penindasan kepada manusia kepada kebenaran asasinya dan rasa kemanusiaan. Dengan perkataan lain harus diadakan restriksi-restriksi atau cara-cara memperoleh, mengumpulkan dan menggunakan kekayaan itu.

Dalam suatu masyarakat yang tidak menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya tempat tunduk dan menyerahkan diri, manusia dapat diperbudaknya antara lain oleh harta benda. Tidak lagi seorang pekerja menguasai hasil pekerjaanya, tetapi justru dikuasai oleh hasil pekerjaan itu. Produksi seorang buruh memperbesar kapital majikan dan kapital itu selanjutnya lebih memperbudak buruh. Demikian pula terjadi pada majikan bukan ia menguasai kapital tetapi kapital itulah yang menguasainya. Kapital atau kekayaan telah menggenggam dan memberikan sifat-sifat tertentu seperti keserakahan, ketamakan dan kebengisan.

Oleh karena itu menegakkan keadilan bukan saja dengan amar ma’ruf nahi munkar sebagaimana diterapkan dimuka, tetapi juga melalui pendidikan yang intensif terhadap pribadi-pribadi agar tetap mencintai kebenaran dan menyadari secara mendalam akan andanya tuhan. Sembahyang merupakan pendidikan yang kontinyu, sebagai bentuk formil peringatan kepada tuhan. Sembahyang yang benar akan lebih efektif dalam meluruskan dan membetulkan garis hidup manusia. Sebagaimana ia mencegah kekejian dan kemungkaran. Pengabdian yang tidak tersalurkan secara benar kepada tuhan YME tentu tersalurkan kearah sesuatu yang lain. Dan membahayakan kemanusiaan. Dalam hubungan itu telah terdahulu keterangan tentang syirik yang merupakan kejahatan fundamental terhadap kemanusiaan.

Dalam masyarakat yang adil mungkin masih terdapat pembagian manusia menjadi golongan kaya dan miskin. Tetapi hal itu terjadi dalam batas – batas kewajaran dan kemanusian dengan pertautan kekayaan dan kemiskinan yang mendekat. Hal itu sejalan dengan dibenarkannya pemilikan pribadi (private ownership) atas harta kekayaan dan adanya perbedaan – perbedaan tak terhindar dari pada kemampuan – kemampuan pribadi, fisik maupun mental.

Dalam hal ini zakat adalah penyelesaian terakhir masalah perbedaan kaya dan miskin itu. Zakat dipungut dari orang – orang kaya dalam jumlah presentase tertentu untuk dibagikan kepada orang miskin . Zakat dikenakan hanya atas harta yang diperoleh secara benar, sah, dan halal saja. Sedang harta kekayaan yang haram tidak dikenakan zakat tetapi harus dijadikan milik umum guna manfaat bagi rakyat dengan jalan penyitaan oleh pemerintah. Oleh karena itu, sebelum penarikan zakat dilakukan terlebih dahulu harus dibentuk suatu masyarakat yang adil berdasarkan ketuhanan Tuhan Yang Maha Esa, dimana tidak lagi didapati cara memperoleh kekayaan secara haram, dimana penindasan atas manusia oleh manusia dihapuskan.

 

Daftar Pustaka

McDonald, Lee Cameron. Western Political Theory. New York: Harcourt Brace Jovanovich. 1968.

Sanderson.  An Interpretation of The Ideas of Marx and Engels. London and Harlow: Longmans. 1969.

Suhelmi, Ahmad. Pemikiran Politik Barat. Jakarta: Gramedia. 2004.

Nurcholis Madjid, Nilai-nilai Dasar Perjuangan HMI, Jakarta. 1972.

[1] Lee Cameron McDonald. Western Political Theory Part III (Harcourt Brace Jovanovich : 1968), hlm 492.

[2] Sanderson. An Interpretation of the Ideas of Marx and Engels (London and Harlow : Longmans, 1969), hlm 17.

[3] McDonald, hlm 498.

[4] McDonald, hlm 499.

[5] McDonald, hlm 499.


AdministratorAdministrator25 January, 2020
jokowi.jpg

1min180

LAPMI HMI | Opini – Politik luar negri adalah wawasan international. oleh karena itu, politik luar negri cendrung bersitetap. Politik luar negri juga adalah suatu pola perilaku dan kebijakan suatu negara berhubungan dengan negara lain ataupun dunia international. Politik luar negri adalah strategi dan taktik yang digunakan oleh suatu negara dalam berhubungan dengan negara lain.


AdministratorAdministrator25 January, 2020
youtube.jpg

1min160

LAPMI HMI | Opini – Youtube merupakan salah satu media sosial populer yang di gunakan oleh banyak masyarakat dari segala jenjang mulai dari anak kecil,  remaja,  dewasa,  bahkan orang tua.  Youtube memiliki banyak fitur yang terus berkembang,  menyesuaikan pangsa pasar.  Beberapa waktu kebelakang,  youtube mengeluarkan fitur seperti instastory yang ada di fitur instagram.  Youtube ini merupakan media yang dapat membagikan video yang dapat di lihat oleh penonton dari berbagai belahan dunia.  Sebagai media yang paling populer di indonesia youtube ini mampu menjadi wadah atau media yang dapat di manfaatkan oleh generasi millenial dalam menuangkan aspirasi,  inspirasi,  ide,  gagasan dan lain-lain yang dikemas sekreatif mungkin.  Apalagi dengan adanya bonus Adsense bagi para youtuber dengan subscriber yang banyak,  hal tersebut memicu generasi millenial lainnya untuk berani dalam membuat konten-konten yang kreatif. 


AdministratorAdministrator25 January, 2020
WhatsApp-Image-2020-01-24-at-22.24.45.jpeg

1min170

LAPMI HMI | Opini – Perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah episode sejarah yang paling jauh ke dalam struktur kenangan dan kesadaran bangsa secara keseluruhan, bukan bersifat lokal, etnis, atau unsur keragaman lainnya. Hal ini bukan hanya suatu rangkaian peristiwa yang membangkitkan patriotisme, rasa cinta tanah air, dan nasionalisme, tetapi juga awal terlepasnya bangsa dari genggaman kolonialisme.


AdministratorAdministrator25 January, 2020
WhatsApp-Image-2020-01-24-at-22.24.45.jpeg

1min70

LAPMI HMI | Opini – Istilah sosial politik terdiri berasal dari dua kata, yaitu sosiologi dan politik. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, kelompok – kelompok sosial, dan tingkah laku individu baik individual maupun kolektif dalam konteks sosial. Politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan sebagai konsep inti. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa sosiologi politik adalah ilmu tentang kekuasaan, pemerintahan, otoritas, dan komando di dalam semua masyarakat manusia, tidak hanya di dalam masyarakat nasional.


AdministratorAdministrator25 January, 2020
pemikiran-islam.jpg

1min70

LAPMI HMI | Opini – Islam merupakan salah satu agama yang mengandung nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari, bermasyarakat, berbangsa, bergama dan bernegara. Selain itu Islam memiliki nilai keseimbangan dalam praktik kesehariannya, contohnya di bidang sosial dan politik. Islam tidak hanya memperhatikan nilai spiritual saja, tapi beriringan dengan nilai sosial. Keadaan seperti ini belum tentu dimiliki oleh agama lainnya. Islam yang begitu indah mempertahankan habluminallah dan habluminnanas, bahkan habluminallam sebagai perwujudan dari Islam Rahmatan Lil Alamin.



Sekilas Kami

Bakornas LAPMI PB HMI merupakan salah satu badan khusus di dalam tubuh organisasi HMI yang bersifat semi-otonom sebagai penyalur minat dan bakat anggota dan wahana pengembangan kader di bidang jurnalistik/pers (ART Pasal 44).


[email protected]

0816-766-496



Newsletter


Media Partner

Independensia.id