Pengabdian : Ajak Kader HMI Sentuh Masyarakat

Yogyakarta | Lapmi – HMI Komisariat Umar Bin Khattab Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Kegiatan Sosial HMI Mengabdi ke 3 di Dusun Nyemani, Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo, DIY. Kegiatan sosial ini dilaksanakan selama 4 hari 3 malam, mulai tanggal 29-31 Agustus 2019. Kegiatan tersebut bertajuk “HMI Masih Menjadi Harapan Masyarakat Indonesia” digelar untuk mengajak pemuda maupun mahasiswa khususnya kader HMI peka terhadap masyarakat.

Ketua Panitia Pelaksana HMI Mengabdi 3, D.M. Tahta Fawwaza menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk melatih teman-teman peka terhadap realitas sosial dan melek terhadap perkembangan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga bekerjasama dengan Keraton Institute milik BPL HMI Cabang Yogyakarta dan beberapa elemen yang banyak terlibat.

“Kegiatan ini menjadi ajang silaturrahmi kader HMI dengan masyarakat Dusun Nyemani, bahwa kehidupan kita bukan hanya di bangku kuliah, tetapi kelak kita akan merasakan bagaimana bermasyarakat dan ikut membangun masyarakat yang lebih maju. Kita harus bisa membuktikan tema yang sudah kita angkat, yakni HMI masih menjadi harapan masyarakat Indonesia” kata Tahta.

Baca Juga:  Dukung Ekonomi Kreatif, HMI Kom Ekonomi Adakan Pelatihan Sablon Pakaian

Ketua Umum HMI Komisariat Umar Bin Khattab UII, Alfi Abdillah mengatakan, seharusnya kader HMI tidak melulu dekat dengan pejabat, tetapi juga dengan masyarakat. Karena sasaran utama kita melakukan suatu perubahan bukan dari atas, tetapi dari bawah.

“Disaat pemerintah sibuk dengan rebut-merebut kekuasaan, PB HMI mengalami dualisme yang tak kunjung usai, kami menawarkan HMI Mengabdi sebagai solusi. Ini bisa menjadi solusi alternatif, terlalu lama kita sibuk dengan urusan-urusan transaksional. Ya, semoga langkah kecil ini membawa manfaat yang besar” tegas Alfi Jum’at (30/8/2019).

Masyarakat Dusun Nyemani menyambut baik kedatangan kader-kader HMI, hal ini disampaikan oleh Wagito, Kepala Dusun Nyemani. Masyarakat berharap kader-kader HMI dapat membaur dan berbagi ilmunya dengan masyarakat maupun pemuda-pemudi.

“Selamat datang teman-teman HMI, masyarakat sangat senang dengan kehadiran teman-teman. Silahkan, jika ada yang ingin dibagikan kepada kami, kami sangat menyambut baik. Harapannya teman-teman juga bisa ikut andil dan gotong royong,” ungkap Wagito.

Kepala Desa Samigaluh, Umari menyampaikan hal yang sama. Bahwa masyarakat kita minim yang berpendidikan setingkat perguruan tinggi. Ia juga meminta untuk berbagi ilmu dengan masyarakat sekitar.
“Saya ucapkan selamat datang, inilah masyarakat Dusun Nyemani, saya harap teman-teman HMI bisa menyesuaikan, tertib dan disiplin, masyarakat kita minim Pendidikan, jadi teman-teman HMI bisa berbagi ilmu dan ikut andil dalam membangun Dusun Nyemani ini menjadi lebih maju,” terang Umari dalam sambutannya.

Baca Juga:  Iyang Parangi Resmi Pimpin Kohati Jakpustara

Ikhsan Andriyansyah menjelaskan, bahwa HMI Mengabdi sudah menjadi agenda rutin HMI Komisariat Umar Bin Khattab UII, dengan berbagai agenda yang dirancang sebagai bentuk aktualisasi nilai-nilai ke-HMI-an yang telah kita pelajari bersama. Di umur HMI yang sudah tak lagi belia, seharusnya HMI bisa menjadi harapan masyarakat Indonesia, sebagaimana tema yang diangkat dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini menjadi momentum HMI Cabang Yogyakarta, khususnya HMI Komisariat Umar Bin Khattab UII untuk membuktikan, bahwa kita masih diharapkan oleh berbagai elemen, terutama masyarakat,” kata Ikhsan saat dimintai keterangan.

“Bukan hanya memikirkan dirinya untuk melanggengkan posisi jabatannya setelah purna, tetapi ada hal penting yang harus kita pikirkan bersama, yaitu bagaimana kita merawat masyarakat yang harus dan terus kita bina bersama,” tegas Mahasiswa Fakultas Ekonomi UII. (SGT)

Pipin Cakaba


Visitors:

  • 9,540

Sekilas Kami

Bakornas LAPMI PB HMI merupakan salah satu badan khusus di dalam tubuh organisasi HMI yang bersifat semi-otonom sebagai penyalur minat dan bakat anggota dan wahana pengembangan kader di bidang jurnalistik/pers (ART Pasal 44).


[email protected]

0816-766-496



Newsletter


Media Partner

Independensia.id