HMI BADKO Mal-Malut Komitmen Lawan Hoax dan Ujaran Kebencian

LAPMI HMI | Ambon – Badan Koordinasi (BADKO) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Maluku-Maluku Utara, menggelar diskusi Publik sekaligus Louching gerakan Jempol Pintar ” Lawan Hoax dan Ujaran Kebencian Menjelang Pemilu” berlangsung di Hotel Pasific Ambon, Jumat (8/03/2019).

Agenda dialog publik menghadirkan Lima narasumber dari latar belakang yang berbeda. Mereka adalah, Kapolda Maluku Irjen Pol.Drs. Royke Lumowa, M.M yang di wakilkan oleh Kanda Roem Ohoirat Humas Kapolda, Ketua KPUD Provinsi Maluku Syamsul Rifan Kubangun, Ketua Bawaslu Provinsi Abdulla Ely, dan Sekertaris Mafindo, Marvin Laurens yang di arahkan oleh Syaf Lessy selaku Moderator Dialog.

Ketua Umum BADKO HMI Mal-Malut, Firdaus Arey Dalam sambutannya menegaskan bahwa Maluku merupakan salah satu provinsi yang sangat rawan terhadap pelaksanaan pemilu apalagi menyikapi fenomena Hoax dan ujaran kebencian, oleh karenanya Dirkursus seperti ini harus terus di bangun lintas OKP/I, Civil Society dan organisasi kepemudaan lainnya untuk menciptakan Pemilu yang aman, damai dan bermartabat bebas dari Hoax dan Ujaran kebencian Di Maluku

Dalam paparannya, Ketua KPUD Provinsi Maluku sebagai pihak penyelenggara
Lebih meminta kepada masyarakat agar bisa menakar format hoax dan ujaran kebencian.

Baca Juga:  MN KAHMI Dorong Konsensus Nasional Reforma Agraria Sebagai Agenda Konstitusional Bangsa

Lebih lanjut kubangan mengajak masyarakat untuk mencermati Daftar Pemilih Tetap (DPT) guna memastikan apakah dirinya sudah terdaftar dalam daftar pemilih atau belum. Karena syarat untuk menggunakan hak pilih dalam pemilu, tak lain adalah setiap warga negara harus terdaftar dalam daftar pemilih (DPT) yang bisa di cek di aplikasi KPU RI

Di lain sisi Ketua Bawaslu provinsi Provinsi Maluku dalam penjelasannya terkait strategi pengawasan penyelenggara pemilu lebih menekankan terhadap adanya kesadaran dari masyarakat menyikapi fenomena Pelanggaran pemilik misalnya persoalan Black campaign, hoax, money politik dan pelanggaran pemilu laiannya, ” tandas Ely

Sementara itu, Kanda Roem Ohoirat bidang Humas polda yang mengulas tentang kerawanan pemilu di Maluku, sejauh Polda Maluku sudah menyiapkan hampir 7000 aparat untuk mengamankan pelaksanaan pemilu agar berjalan damai, aman dan bermartabat.

pemilu dan upaya mewujudkan kesejahteraan di Maluku tentunya selalu beriringan, Polda Maluku akan terus mengupayakan Maluku bebas dari Hoax dan ujaran kebencian, ” Ungkap Ohoirat

Sedangkan Marvin Lauren , juga menambah bahwa pendidikan demokrasi bagi generasi milenial sangatlah penting dengan analisis yang sadar konteks, berdasarkan jejak pendapat sembari mengiyakan bahwa sebaran hoax dan ujaran kebencian cukup masih di masyarakat hal ini di sebabkan oleh rendahnya literasi di akar rumput masyarakat,” Tutur Laurens.

Administrator

Administrator

Dolor proin! Placerat a, placerat enim vut duis aliquam, dignissim, magna sagittis duis diam et porttitor mus ultricies velit vut habitasse. Egestas facilisis a aliquet! Dolor. Rhoncus. Ac. Parturient elementum facilisis lorem.


Visitors:

  • 9,540

Sekilas Kami

Bakornas LAPMI PB HMI merupakan salah satu badan khusus di dalam tubuh organisasi HMI yang bersifat semi-otonom sebagai penyalur minat dan bakat anggota dan wahana pengembangan kader di bidang jurnalistik/pers (ART Pasal 44).


[email protected]

0816-766-496



Newsletter


Media Partner

Independensia.id