LAPMI PB HMI Menilai Penangkapan terhadap Robertus Bentuk Ancaman Demokrasi

LAPMI HMI | Jakarta – Penangkapan Aktivis Robertus Robert pada 6 Maret 2017 pada saat melakukan orasi di Aksi Kamisan, dianggap melakukan ujaran kebencian. Anggapan tersebut akhirnya mendapat kecaman dari berbagai pihak. Demikian disampaikan Sekertaris Jendral Badan Koordinasi Nasional (Bakornas) LAPMI PB HMI, Erman Adiakusumah. Erman menganggap penangkapan tersebut merupakan ancaman demokrasi.

“UU ITE yang digunakan sebagai dalih penangkapan pak Robertus dan masyarakat lainnya ketika melakukan kritik di depan umum (medsos), padahal UU ITE bertentangan dengan UU nomor 9 tahun 1998 yang menjamin kebebasan berpendapat di depan umum,” Ujar Erman pada Kamis, (7/3/2019) di Jakarta

Mahasiswa Pascasarjana Sejarah UIN Jakarta ini mengatakan, jika semua kritik dan hak berpendapat dianggap ujaran kebencian, maka demokrasi telah usai dan pemerintah telah memberlakukan kembali rezim antikritik.

“UU ITE ini sangat berbahaya jika digunakan sebagai dalih penangkapan terhadap kritik-kritik yang justru dianggap sebagai ujaran kebencian terhadap pemerintah maupun institusi lainnya,” ujarnya

Menurut Erman, sudah banyak masyarakat yang terjerat oleh UU ITE karena pendapatnya dianggap ujaran kebencian, ia mencontohkan kasus 2009 yang menjerat Prita Mulyasari yang berpendapat tentang salah satu rumah sakit swasta di jakarta, Prita dijebloskan ke penjara karena dianggap melanggar UU ITE.

Baca Juga:  HMI: antara Pengabdian dan Lahan Politik

“kita belajar dari kasus mbak Prita, ini kan dia berpendapat, malah justru di penjara karena dianggap melanggar UU ITE, saya pikir UU ini harus dikaji ulang sehingga hak berpendapat atau kritik tidak lagi dianggap ujaran kebencian” tutupnya

Administrator

Administrator

Dolor proin! Placerat a, placerat enim vut duis aliquam, dignissim, magna sagittis duis diam et porttitor mus ultricies velit vut habitasse. Egestas facilisis a aliquet! Dolor. Rhoncus. Ac. Parturient elementum facilisis lorem.


Visitors:

  • 2,704

Sekilas Kami

Bakornas LAPMI PB HMI merupakan salah satu badan khusus di dalam tubuh organisasi HMI yang bersifat semi-otonom sebagai penyalur minat dan bakat anggota dan wahana pengembangan kader di bidang jurnalistik/pers (ART Pasal 44).


[email protected]

0816-766-496



Newsletter


Media Partner

Independensia.id